Peraturan Baru Tentang Penggunaan BMN

Sehubungan telah diberlakukan Peraturan Menteri Keuangan nomor 246/PMK.06/2014 tentang Tata Cara Penggunaan Barang Milik  Negara (silakan di Unduh pada Halaman “Peraturan BMN”), maka untuk selanjutnya proses PENETAPAN STATUS PENGGUNAAN (PSP) tunduk pada peraturan dimaksud.
Perubahan-perubahan pada PMK yang baru:

  1. BMN berupa selain tanah dan/atau bangunan yang tidak memiliki bukti kepemilikan  yang ditetapkan oleh Pengelolan Barang (KPKNL, Kanwil DJKN, PKNSI) yaitu yang memiliki harga perolehan lebih dari Rp100.000.000,00 (seratus juta rupiah);
  2. Untuk tanah dan/atau bangunan yang belum memiliki bukti kepemilikan dapat diganti dengan surat pernyataan tanggung jawab bermaterai cukup dari pejabat yang berwenang (sesuai pelimpahan kewenangan) dengan format surat pernyataan sesuai Lampiran II Peraturan dimaksud;
  3. Bahwa dengan adanya surat pernyataan tersebut pada angka 2 (dua) di atas, TIDAK menggugurkan kewajiban Pengguna Barang/Kuasa pengguna barang untuk menyelesaikan dokumen dimaksud.

Dikarenakan keputusan menteri ini berlaku sejak tanggal diundangkan (24 Desember 2014) maka permohonan yang telah masuk akan diproses sesuai ketentuan baru dengan persyaratan-persyaratan dimaksud dalam pasal 10 dan 11 paraturan dimaksud.

Agar dapat dimaklumi dan dijadikan periksa.
Template usulan PSP ke KPKNL unduh disini

Blanko Lampiran Surat Pernyataan sesuai PMK 246/PMK.06/2014 dapat diunduh disini

Perihal bmnsemarang
One Team, One Spirit, One Goal....

One Response to Peraturan Baru Tentang Penggunaan BMN

  1. Oka Wiadnyana mengatakan:

    Selamat sore, saya mau menanyakan mengenai masalah penginputan persediaan.
    1. Apakah persediaan itu diinput pertransaksi atau per 6 bulan sekali?
    2. Pada Aplikasi SAIBA 2015 kami muncul persediaan yang belum diregister setiap bulannya karena memang pada bulan berjalan ada belanja barang yg menghasilkan persediaan (akun 5218). Namun untuk aplikasi persediaan walaupun sudah input setiap transaksi, neraca simak untuk persediaannya tidak berubah. Bagaimana cara mengatasi agar di aplikasi SAIBA persediaan menjadi teregister setiap bulan, karena Neraca Simak untuk persediaannya hanya berubah setiap semester?

    bmnsemarang
    Yth. Oka Wiadnyana

    Untuk persediaan harus dicatat setiap terjadi transaksi, namun hanya dapat dikirim ke SIMAK setiap 6 bulan sekali (bulan juni dan desember), dan baru dapat berubah pada Neraca setiap semesterannya, begitu juga pada SAKPA (sebelum SAIBA). Untuk aplikasi SAIBA masih dalam tahap pemgembangan, untuk permasalahan yang terjadi kami sarankan untuk berkoordinasi dengan KPPN Setempat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: