Sensus BMN di Lingkungan Kementerian Keuangan

Telah terbit Petunjuk Pelaksanaan Sensus BMN di Lingkungan Kementerian Keuangan (Kemkeu) melalui Surat Edaran nomor SE-35/MK.01/2012. Dalam SE tersebut di atur mengenai tata cara pelaksanaan sensus BMN dari  tingkat UAKPB, UAKPB-W sampai UAKPB-E1 di Lingkungan Kemkeu.

Berawal dari PMK 120/PMK.06/2007 pasal 16 menyebutkan bahwa Pengguna Barang bertanggungjawab melaksanakan inventarisasi BMN yang berada dalam penguasaannya melalui SENSUS barang sekurang-kurangnya sekali dalam 5 (lima) tahun. Sensus tersebut tidak termasuk PERSEDIAAN dan KDP.

Diharapkan untuk Setiap UAKPB melakukan sensus BMN yang ada dalam penguasaannya yang berpedoman pada Petunjuk Pelaksanaan Sensus BMN sabagaimana tercantum dalam lampiran SE tersebut.

Surat Edaran dimaksud dapat di lihat disini.

*File peraturan tersebut juga tersimpan di ‘Google Drive’ pada email respository kami ‘bmnsemarang.file[at]gmail.com’. Untuk dapat mengkases email dimaksud silakan daftar sesuai petunjuk pada tag “PENTING!!!”

Perihal bmnsemarang
One Team, One Spirit, One Goal....

2 Responses to Sensus BMN di Lingkungan Kementerian Keuangan

  1. Akang Tikno mengatakan:

    Kapan pelaksanaan Sensus BMN dilingkungan Kementerian Keagamaan ???, terima kasih.

    Pada tanggal 11/04/13, TENTANG BARANG MILIK NEGARA

    bmnseamrang
    Yth. Akang Tikno

    Terkait dengan sensus yand dilakukan di Kemneterian Keuangan merupakan bentuk tanggung jawab sebagai Pengguna Barang dalam melaksanakan inventarisasi yang minimal dilakukan sekali dalam 5 tahun. Untuk itu, Jajaran Kemenkeu mengeluarkan Petunjuk Pelaksanaan agar ada keseragaman satker di linkgungan Kemkeu. Terkait dengan sensus di kementerian/lembaga lainnya merupakan kewenangan dari Kementerian bersangkutan, namun tidak menutup kemungkinan prosedur dan templet yang digunakan dapat merujuk Surat Edaran Kemenkeu di atas.

  2. Yuvita Fitriana mengatakan:

    Maaf sebelumnya, yang ingin saya tanyakan jika satker kita telah melaksanakan sensus BMN apakah masih perlu dilakukan IP oleh KPKNL? Di tahun 2014 lalu kami melakukan sensus BMN tetapi pada saat Reviu dengan Tim Irjend mereka tetap menanyakan apakan kami telah melaksanakan IP dengan KPKNL.

    bmnsemarang
    Yth. Yuvita Fitriana

    IP BMN secara nasional dilakukan oleh KPKNL/DJKN sepanjang tahun 2008-2010 pada seluruh satuan kerja untuk BMN yang perolehannya sampai dengan 31 Desember 2004. Mungkin itu yang dimaksud, agar minta klarifikasi ulang terkait IP yg dimaksud?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: