Update SIMAK BMN dan Persediaan per Desember 2012

Telah tersedia update database dan Aplikasi SIMAK BMN dan Persediaan per Desember 2012 pada email respository bmnsemarang.file[at]gmail.com.

*[at] = @

Perihal bmnsemarang
One Team, One Spirit, One Goal....

6 Responses to Update SIMAK BMN dan Persediaan per Desember 2012

  1. nyonk mengatakan:

    tlg donk bar internal semester 2 2012…tks

    bmnsemarang
    Yth. Nyong

    Bisa diunduh melalui halaman Peraturan BMN ‘Blanko Rekon Internal….’

  2. gusman prihatno mengatakan:

    mas tanya softcopy *SE*-*2*/*MK*.*1/2012* …tentang pedoman penghapusan BMN di Kemenkeu … bisa dikirim atau download dimana?

    bmnsemarang
    Yth. Gusman

    Sudah tersedia Surat Edaran dimaksud silakan lihat disini

  3. Tikno8676 mengatakan:

    Mau tanya tentang aplikasi SIMAK-BMN. Dalam Menu Transaksi BMN – Penghapusan BMN – ada 2 ( Reklasifikasi Keluar & Koreksi Pencatatan). Apa perbedaannya maksud keduanya tersebut, padahal keduanya sama-sama mengubah Jurnal Neraca SIMAK???, terima kasih.

    bmnsemarang
    Yth. Tikno

    Terhadap transaksi tersebut adalah perlakuan-nya yang dibedakan. Koreksi pencatatan dilakukan apabila terhadap aset yang seharusnya tidak direkam dalam simak sebagai BMN namun terlanjur direkam maka terhadap aset tersebut dikeluarkan melalui transaksi Koreksi Pencatatan. Sedangkan Reklasifikasi Keluar dilakukan apabila ada kesalahan pencatatan (kodefikasi) misal seharusnya meja kerja direkam sebagai meja tamu, maka terhadap meja tamu dilakukan reklasifikasi keluar dan untuk meja kerja dilakukan reklasifikasi masuk. Yg perlu diperhatikan bahwa untuk transaksi Koreksi Pencatatan akan mengurangi Neraca sedangkan Reklasifikasi Keluar tidak merubah Neraca (hanya kode barang saja). Demikian semoga dapat di pahami.

    • Tikno8676 mengatakan:

      Saya belum sependapat jika Reklasifikasi Keluar “TIDAK” mengubah Neraca. Contoh kasus : ditahun 2008 ada 2 (dua) sertipikat tanah yang diinput (direkam) dalam aplikasi SIMAK-BMN, yang sebenarnya hanya ada 1 (satu) bidang tanah saja (double sertipikat). Ditahun 2011 SUDAH dilakukan transaksi Koreksi Pencatatan ( 1 sertipikat) yang mengakibatkan Neraca berubah,; selanjutnya ditahun 2012 dilakukan transaksi Reklasifikasi Keluar ( 1 sertipikat) dilanjutkan Transaksi BMN – Barang Pihak Ketiga – Perolehan BMN Pihak Ketiga, inipun juga mengakibatkan Nilai aset di Neraca berubah. Mohon saran yang terbaik apa yang seharusnya kami lakukan dalam transaksi BMN tersebut ?, terima kasih.

      bmnsemarang
      Yth. Tikno

      Memang kami menyadari bahwa sebagian kawan2 kita otodidak dalam mempelajari SIMAK BMN, dan kadang lebih suka coba2 tanpa memperhatikan peraturan yang ada dan manual pengoperasiannya. Terkait dengan reklasifikasi diatur dalam Bultek 09 BAB XII dan untuk jenis transaksi dan peruntukannya lihat manual Aplikasi SIMAK BMN 04.TRANSAKSI. Semoga bisa menjawab.

      • komang mengatakan:

        bagaimana dengan koreksi perubahan nilai??
        klo seandainya ada salah input nilai barang di TA sebelumnya,,pake menu apa untuk memperbaiki??

        bmnsemarang
        Yth. Komang

        Untuk koreksi terkait dengan adanya perubahan nilai atau terjadi kesalahan pada saat awal input, maka dapat dilakukan melalui Koreksi Perubahan Nilai/Kuantitas pada menu Transaksi-Perubahan dengan tetap didasari surat dari (minimal) Kepala/KPA.

  4. yudianto magiri mengatakan:

    mas bisa dikirimi format berita acara reklasifikasi masuk dan reklasifikasi keluarke alamat email:yudimangirii@yahoo.co.id,dan surat pernyataan koreksi perubahan niali/kuantitas

    bmnsemarang
    Yth. Yudianto Magiri

    Kami tidak menyimpan dokumen yang Saudara maksudkan. Prinsip pembuatan berita acara secara substansi ada pihak yang bertanggung jawab dan identitas BMN nya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: