Syarat Penjualan Lelang BMN

Sehubungan dengan adanya permintaan mengenai syarat penjualan secara lelang ke KPKNL untuk BMN, dengan ini kami informasikan syarat2 dimaksud sebagai berikut:

.:Syarat UMUM:.

  1. Surat Permohonan Lelang
  2. Salinan/fotocopy Surat Keputusan Penunjukan Penjual
  3. Syarat lelang dari Penjual (apabila ada)
  4. Daftar barang yang akan dilelang

.:Syarat KHUSUS:.

  1. Salinan/fotocopy SK Penghapusan Barang dari Pengguna Barang untuk Barang Milik Negara atau Gubernur/Bupati/Walikota untuk Barang Milik Daerah
  2. Salina/Fotokopi Surat Persetujuan Presiden/DPR/DPRD, dalam hal peraturan perundang-undangan menentukan adanya persetujuan tersebut
  3. Salinan/fotokopi Surat Persetujuan/Penetapan Penjualan dari Pengelola Barang
  4. Salinan/fotocopy Surat Keputusan tentang Pembentukan Panitia Lelang
  5. Asli dan Fotocopy bukti kepemilikan/hak, jk tdk ada buat srt pernyataan dgn alasan

.:LAIN-LAIN:.
+ Jika dalam surat keputusan penghapusan tidak tercantum nilai limit maka pemohon harus menyertakan berita acara penilaian dan/atau surat persetujuan penghapusan dari KPKNL yang mencantumkan nilai limit.

Demikian disampaikan untuk menjadi perhatian.

Syarat lelang dapat di lihat disini

*Syarat tersebut berlaku di KPKNL Semarang, untuk KPKNL lainnya dimungkinkan ada perbedaan silakan hubungi KPKNL setempat.

About these ads

Perihal bmnsemarang
One Team, One Spirit, One Goal....

6 Responses to Syarat Penjualan Lelang BMN

  1. Akhmad Nur Aziz mengatakan:

    Yth. Admin..
    Satker Kami Ada Penghapusan.. untuk penialian harga limit Alsin sekitar 1.3 jt… setelah diajuin ke KPKNL ada revisi nilai limit menjadi 9,3 Jt.. sedangkan pada waktu lelang tidak ada pembeli karena terlalu mahal.. yang saya tanyakan :

    1. Bagaimana prosedurnya untuk selanjutnya
    2. KPKNL Meminta untuk merevisi BA Penelitian/Penilaian menjadi harga limit awal yang 1,3 jt..
    3. untuk ke KPKNLnya apakah cukup mengirimkan BA penelitian/Penilaian dengan harga baru 1,3 jt itu… atau harus dari awal untuk lelang ulang…

    terima Kasih…
    Aziz

    bmnsemarang
    Yth. Akhmad Nur Aziz

    Perlu kami sampaikan bahwa jika proses penghapusan sudah sampai tahap lelang, maka untuk selanjutnya tunduk pada peraturan Tatacara Pelaksanaan Lelang, dimana jika pada saat lelang pertama tidak ada peminat (tidak laku) maka dapat dilakukan lelang berikutnya dengan penyesuaian nilai limit. Adapun besaran nilai limit adalah mutlak menjadi kewenangan Pengguna Barang (Pemohon lelang) dengan tetap memperhatikan Prinsip Penerimaan Negara yg seoptimal mungkin. Untuk itu, saudara dapat mengajukan perubahan nilai limit kepada KPKNL Setempat sekaligus permohonan lelang ulang agar dapat ditetapkan kembali jadwal lelangnnya oleh KPKNL.

  2. Bram mengatakan:

    Asalkm…… apakah BMN yang hanya memiliki Surat Kepemilikan berupa HAK PAKAI terhadap Tanah dan bangunan yang di bangun diatas tanah tersebut dengan uang negara bisa di lelang oleh pemerintah setempat…….?

    bmnsemarang
    Yth. Bram

    Semua BMN berupa tanah milik pemerintah menggunakan Sertipikat Hak Pakai. Perlu diperhatikan sumber pembiayaan perolehan baik tanah maupun bangunan apakah dibiayai menggunakan DIPA Pemerintah Purat (APBN) atau Pemda (APBD). Sehingga perlakuannya agak sedikit dibedakan. Jika oleh APBN maka tunduk pada PMK 96/PMK.06/2007 sedangkan jika oleh APBD maka menjadi kewenangan Gubernur.

  3. PN Serang mengatakan:

    Apakah ada format penulisan khusus untuk mengajukan Lelang ke KPKNL setelah Tahap penghapusan di setujui. jika ada bisa di unduh dimana untuk contoh formatnya ?

    1. Surat Permohonan Lelang
    2. Salinan/fotocopy Surat Keputusan Penunjukan Penjual
    3. Syarat lelang dari Penjual (apabila ada)
    4. Daftar barang yang akan dilelang

    bmnsemarang
    Yth. PN Semarang

    Format baku (templete) untuk daftar dimaksud belum ada. Prinsipnya jika substansi dari persyaratan dimaksud sesuai maka bisa diproses lebih lanjut. Untuk lebih jelasnya silakan menghubungi KPKNL setempat.

  4. LESTARI mengatakan:

    Pada umumnya dalam pelaksanaan lelang terdapat Pemandu Lelang (Asflager) yang membantu Pejabat lelang untuk menawarkan/menjelaskan barang dalam pelaksanan lelang.
    Untuk Lelang BMN berupa bangunan gedung kantor , Pemandu Lelang dari KPKNL setempat atau dari Pemohon/pengguna barang?
    Apabila dari pemohon, apakah Pemandu Lelang juga harus ditunjuk dalam SK Pembentukan Panitia Lelang sebagaimana penunjukan Penjual ?
    Apakah Penjual yang ditunjuk dapat merangkap sebagai Pemandu Lelang?
    Terimakasih.

    bmnsemarang
    Yth. Lestari

    Terkait dengan ketentuan dan syarat Pemandu Lelang dapat dilihat pada Pasal 53 PMK nomor 93/PMK.06/2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Lelang. Untuk selanjutnya dapat berkoordinasi dengan Pejabat Lelang yang ditunjuk.

  5. eddy mengatakan:

    bagaimana cara mengetahui Pengumuman lelang yg jumlah limit dalam 1 kali lelang di bawah 30 juta ,Sesuai aturan Tidak di muat d koran dan hanya di tempel lokasi d intansi penjual saja,kesulitan kita mengetahui intansi mana yg akan lelang

    bmnsemarang
    Yth. Eddy

    Bisa menghubungi KPKNL terdekat.

  6. ida mengatakan:

    di satker kami ada sisa hasil bongkaran yang akan kami lelangkan, sy mau minta bantuannya, apakah bapak punya contoh form untuk risalah lelang atau dokumen yg mengenai pelaksanaan penjualan lelang bmn. jika ada pak, tolong share ke saya, dikirimkan ke email saya, ida.iwanggin@gmail.com trimakasih sebelumnya…

    bmnsemarang
    Yth. Ida

    Risalah Lelang yang menerbitkan adalah Pejabat Lelang dari KPKNL setelah pelaksanaan Lelang. Mengacu pada SE-4/KN/2012. Untuk lebih jelas silakan baca tulisan kami disini

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 95 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: